Tips Trik, Trik dalam Game, Informasi, Inspirasi Hubungan dan Artikel Berbahasa Melayu

Apa Sih Virtual Reality Itu?

Artikel terkait : Apa Sih Virtual Reality Itu?


Apa Sih Virtual Reality Itu? virtual reality adalah sebuah alat yang memungkinkan anda berinteraksi dengan suatu lingkungan imajinasi yang disimulasikan menggunakan komputer dan membawa anda ke dalam suasana 3 dimensi yang tampak seolah olah nyata.

Mungkin anda sudah pernah menonton film 3D dengan atau tanpa kacamata khusus 3D, dari apa yang anda lihat saat menonton film 3D dibandingkan dengan saat anda menonton fillm di televisi biasa pastinya pengalaman menonton anda pada dua jenis film tersebut sangat berbeda.

Disini teknologi VR (Virtual Reality) memberikan pengalaman yang lebih menarik dan lebih nyata dari kacamata 3D biasa, virtual reality membangkitkan suasana 3D dengan sejumlah alat tertentu, dan pastinya alat tersebut memungkinkan anda merasa berada di dunia nyata meskipun yang anda lihat dalam kacamata VR tersebut adalah maya.

Teknologi yang bisa dibilang cukup canggih ini digunakan oleh para desainer, arsitek, kedokteran (medis) dan bahkan juga para gamer yang menginginkan sensasi bermain game yang lebih nyata seolah olah mereka masuk kedalam game tersebut, dan menjadi bagian dari game itu sendiri.

Selain itu pilot pesawat terbang sekarang ini juga banyak yang menggunakan Virtual Reality sebagai alat untuk melakukan simulasi saat latihan penerbangan sebelum menerbangkan sebuah pesawat yang nyata / asli. Dengan begitu sang pilot jadi lebih siap dengan apa yang dihadapinya dan bisa mendapatkan gambaran saat dia menerbangkan pesawat asli di atas langit.

Teknologi VR ini juga berkontribusi dalam dunia militer, tentara di amerika serikat menggunakan virtual reality untuk simulasi peperangan, mereka jadi bisa merasakan situasi di medan perang secara nyata dengan alat canggih ini. Cara ini pastinya lebih ekonomis dan lebih praktis dibandingkan dengan melakukan latihan perang yang sesungguhnya.

Dari apa yang kalian baca di atas besar kemungkinannya anda tertarik untuk menggunakan VR ini sebagai sarana hiburan yang lebih wah dan kekinian, misalnya saja:
  1. melihat foto 360° dan video 360°
  2. menonton film dengan vr, dan
  3. memainkan game virtual reality
  4. dan lain lain...
Saat ini VR sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu VR kualitas tinggi dan VR kualitas rendah.

VR Kualitas Tinggi adalah VR yang menggunakan perangkat komputer dengan spesifikasi tinggi ditambah dengan seperangkat VR headset yang bernama "Oculus Rift" atau "HTC Vive". harga dua perangkat tersebut memang bisa dibilang mahal dan belum terjangkau untuk masyarakat indonesia pada umumnya, belum lagi dibutuhkan sebuah perangkat komputer dengan spesifikasi tinggi yang sanggup menjalankan aplikasi & game virtual reality. untuk saat ini harga Oculus Rift sekitar 8 Jutaan, dan HTC Vive sekitar 10 s/d 11 Juta rupiah.

Tapi jangan khawatir sob, buat kamu yang ingin merasakan sensasi dan pengalaman virtual reality masih adaVR kualitas rendah yang bisa kamu nikmati dengan harga yang murah meriah dan pastinya terjangkau oleh kantong masyarakat indonesia.

VR Kualitas Rendah ini bisa kamu nikmati hanya dengan menggunakan sebuah Smartphone ditambah dengan Kacamata VR atau Google Cardboard yang harganya juga murah meriah dan banyak di jual di toko-toko online. namun tidak sembarangan HP bisa digunakan untuk virtual reality sob, soalnya dibutuhkan handphone yang mendukung fitur "Gyroscope". tapi gak perlu khawatir sekarang ini sudah banyak kok handphone murah yang mendukung fitur gyroscope dan bisa digunakan untuk Virtual Reality.

Pengalaman yang dirasakan saat menggunakan dua jenis VR tersebut memang sangat berbeda, dilihat dari harga saja sudah beda sangat jauh sekali. Menikmati konten vr pada oculus rift dan htc vive pastinya menampilkan gambar yang jauh lebih jernih dibandingkan dengan menikmati vr menggunakan smartphone. Ada harga ada rupa hehehe... walaupun vr menggunakan smartphone kualitasnya termasuk rendah, menurut saya masih cukup ok dan memuaskan kok, buat coba coba dan biar mengerti gimana sih rasanya menikmati Virtual Reality itu... Saya sendiri cukup tercengang loh saat pertama kali menonton konten VR di sebuah Smartphone.

Gimana? minat untuk mencoba VR Kualitas Tinggi? Kalian yang memilih.

Semoga Bermanfaat.



Artikel Ardianw311 Blog Lainnya :

11 komentar:

Terimakasih telah berkenan untuk membaca artikel diatas. Tolong berkomentar yang sesuai dengan isi Artikel diatas. Komentar spam dan berisi konten Negatif lainnya tidak akan saya Publikasikan. Terimakasih.

Copyright © 2014 Ardianw311 Blog | Design by Ardian Widianto